Dukungan Teknis Windows 7 Segera Berakhir

Apakah Anda pengguna setia sistem operasi (OS) Windows 7? Apakah Anda masih menggunakan Windows 7 sampai saat ini? Inilah yang akan terjadi jika kita masih tetap menggunakan Windows 7 setelah Microsoft mengakhiri dukungan teknis untuk sistem operasi (OS) tersebut.

Sebagai pengguna setia yang menggunakan Windows 7 untuk kegiatan sehari-hari sejak pertama sekali versi final dirilis yang diumumkan tersedia untuk publik pada 22 Oktober 2009 silam. Dan kini sistem operasi (OS) tersebut telah berumur 10 Tahun dan saya masih menggunakannya hingga saat ini dikarenakan kestabilannya.

Bulan September yang lalu tepatnya di tanggal 07 September 2019 saya hadir di acara Asus x Microsoft Fans Ghatering di Hotel Aryaduta, Medan. Di sini saya mendapatkan informasi seputar teknologi terbaru pada sistem operasi (OS) Windows 10 yang disampaikan oleh perwakilan dari pihak Microsoft Indonesia sekaligus informasi yang mengatakan sudah sebaiknya kita beralih ke Windows 10 dikarenakan 14 Januari 2020 dukungan untuk Windows 7 akan berakhir atau dihentikan.

Jika kita masih setia menggunakan Windows 7 setelah dukungan teknis tersebut berakhir maka akan banyak masalah yang mungkin akan terjadi yang akan kita alamin seperti masalah keamanan, rentan terhadap serangan hacker dan virus, akan banyak software yang tidak kompatibel, dll.

Yang Terjadi Saat Microsoft Mengakhiri Dukungan Windows 7

Seperti yang sudah saya jelaskan beberapa hal di atas maka inilah yang akan terjadi setelah Microsoft benar-benar mengakhiri dukungan teknis untuk sistem operasi (OS) Windows 7.

Tidak ada lagi update keamanan, tidak ada update dukungan teknis Microsoft dan tidak akan mendapatkan update seperti fitur, perbaikan jika ada bug dan tidak ada lagi patch reguler serta lainnya.

Dengan begitu maka Windows 7 akan semakin rentan terhadap serangan hacker, virus seperti di tahun 2017 kita ingat kasus virus atau malware ransomware, WannaCry yang menyerang pengguna Windows yang sempat menggemparkan dunia pada waktu itu.

Tentunya tidak dapat dipungkiri juga bahwa Windows 7 sekarang ini sudah tidak dapat bersaing dengan ancaman  yang saat ini semakin banyak dan tinggi.

Selanjutnya akan banyak software yang tidak kompatibel dengan Windows 7. Saat ini sudah mulai ada dan akan semakin banyak software yang tidak kompatibel dengan sistem operasi (OS) besutan Microsoft tersebut seperti yang saya alamin sewaktu mencoba meng-install Adobe Premier Pro 2019 dan juga Microsoft Office Profesional 2019 tidak berhasil alias ditolak karena tidak kompatibel, tidak lagi memenuhi spesifikasi dari software yang saya install tersebut yang mana software tersebut hanya dikhususkan untuk Windows 10, serta begitu juga dengan beberapa antivirus versi terbaru saat ini juga sudah tidak kompatibel lagi dengan sistem operasi (OS) tersebut.

Hal ini tentu akan berakibat kepada perusahaan software dan driver hardware yang akan mulai secara bertahap mengakhiri dukungannya kepada Windows 7 maka di sini dapat kita ambil kesimpulan dukungan software akan berhenti setelah masa dukungan teknis berakhir oleh Microsoft.

Selamat Tinggal Windows 7

Dukungan untuk Windows 7 segera berakhir. Begitulah kalimat yang saya baca dari situs resmi Microsoft dimana setelah 14 Januari 2020 Microsoft tidak akan menyediakan pembaruan keamanan dan dukungan untuk perangkat komputer atau PC yang masih menjalankan Windows 7.

Hal ini akan membuat perangkat komputer atau PC yang masih terus menggunakan Windows 7 menjadi lebih rentan terhadap resiko keamanan dan virus dikarenakan tidak ada lagi dukungan teknis, tidak ada lagi pembaruan perangkat lunak (software) dan tidak ada lagi pembaruan keamanan. Untuk menghindari semua resiko tersebut, Microsoft sangat menyarankan agar kita segera beralih ke Windows 10.

Apa sebaiknya yang harus kita lakukan untuk pengguna Windows 7 termasuk saya pribadi yang masih setia menggunakannya, maka mulai dari sekarang secara bertahap lakukan backup data ke hardisk eksternal sebagai antisipasi bila tiba waktunya kita diwajibkan atau diharuskan untuk beralih ke Windows 10 setelah Microsoft benar-benar mengakhiri dukungan teknis Windows 7 tersebut.

Dan bila ternyata kita masih tetap setia menggunakan Windows 7 setelah masa dukungan berakhir maka kita harus siap menerima resiko yang sangat besar untuk data atau file penting yang kita miliki di perangkat komputer atau PC yang kita gunakan.

Apakah Anda masih menggunakan dan setia dengan Windows 7? Jika iya sebaiknya sudah saatnya kita beralih ke sistem operasi (OS) yang paling baru yaitu Windows 10.

Semoga uraian informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih telah berkunjung.

Jika ada pertanyaan atau keluhan mari sama-sama kita diskusikan di kolom komentar. Terima kasih.

16 Comments

  1. Tapi rasaku windows 10 ini terlalu canggih, blm semua digunakan,, takutnya malah tambah gaptek makin lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali karena Windows 10 ini adalah teknologi terbaru di mana sekarang ini bawha sistem operasi Windows 10 tidak lagi hanya sebatas sistem operasi saja melaikan sebuah service atau layan. Dan dalam setahun akan ada 2 versi stabil yang dirilis. CMIIW

      Terima kasih telah berkunjung. :)

      Delete
  2. Berfaedah sekali artikelnya ya Bang. Ada tips supaya kita yg masih menggunakan Windows 7 agar bersiap² back up data ke hard disk eksternal. Sip, noted. Makasih banyak yaa Bang Nerdi. Salam kenal (lagi), hehe
    Thank u for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar kak Nur pasti Microsoft akan mengakhiri dukungannya untuk Windows 7, maka kita mau tidak mau harus pakai Windows 10 yang paling baru dan dengan teknologi yang baru tentunya.

      Jadi buat jaga-jaga marilah kita bertahap back up data ke HDD Eksternal kak. Heheeeee :)

      Terima kasih kak Nur untuk kunjungannya dan salam kenal (lagi) iya kak Nur. Thanks :)

      Delete
  3. Duh bang nerdi, aku jadi ngeri bacanya.
    kalo laptop kuno juga gak akan kompatible sama windows yang baru nanti ya kan bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeri-ngeri sedap iya kak.

      Iya benar sekali kak, bahwa Windows yang baru yaitu Windows 10 sudah tidak kompatibel dengan laptop keluaran lama seperti banyak software driver yang sudah tidak didukung untuk Windows 10, jadi driver software untuk laptop tersebut tidak tersedia untuk Windows 10.

      Sepertinya harus laptop yang kekinian ni kak. Heheheeee....

      Delete
  4. padahal memang windows 7 ini adalah aplikasi dari microsoft yang paling buat pengguna nyaman yakan bang karena sangkin memudahkannya. hehehe tfs bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali kak, Windows 7 ini Software Sistem Operasi (OS) yang paling banyak digunakan hingga sekarag ini, masih banyak penggunanya walaupun saat ini sudah mulai digeser sama Windows 10.

      Windows 7 ini versi paling stabil hingga saat ini setelah dulu dikecewakan Windows Visa pada masa itu.

      Nyaman sekali memang pakai Sistem Operasi (OS) Windows 7 ini tapi kita harus segera siap-siap jika Microsoft sudah mengakhiri dukungan Windows 7 di 14 Januari 2020 itu artinya kita tidak akan mendapatkan lagi update keamanan, patch reguler, dll dan satu yang pasti dukungan Software dari para develover dan dari pengembang driver motherboard tentunya juga akan menghentikan, mengakhiri dukungannya secara perlahan-lahan.

      Jadi siap-siap iya kak untuk beralih ke Windows 10....

      Delete
  5. Udah nyaman pake windows7, pernah pake windows8 dan bermasalah. Akhirnya balik lagi. Windows 10 relatif stabil juga kah settingan nya? Mudah2an nggak kayak windows8 ya bang. Makasi infonya, siap2 backup data ke eksternal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Windows 10 sekarang udah bagus kak dan stabil ditambah lagi Microsoft baru baru-baru aja resmi merilis file ISO untuk Windows 10 Build 18363.418 yang mana ini merupakan build final untuk Windows 10 versi 1909 dengan code name Windows 10 1909 November 2019 Update.

      Pengguna Windows 7 memang masih banyak dan merata iya kak dan ditambah udah PW alias nyaman.

      Selama pakai Windows 8 dan 8.1 dulu agak kurang nyaman dan kecewa juga sih kak, sama ni pengalamannnya. Hehehehee

      Iya kak rajin backup iya dan terima kasih atas kunjungannya kak. Salam.

      Delete
  6. saya pake 2 window, window 7 dan window 8, tapi lebih sering pake window 8 eh sering ada laporan buat minta updatw ke iwndow 10. Maklum gak paham, aku Cuekin aja. Padahal penting ya bang. xixiix...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap ni Dual Boot ceritanya iya kak...

      Iya benar akan ada notifikasi yang meminta kita upgrade ke Windows 10 karena ini Windows paling baru dan teknologi yang terkini, jadi lebih aman untuk dipakai saat ini. Terima kasih kak atas kunjungannya...

      Delete
  7. Bang nerdii,
    Bantuin lah instal windows 10 haha
    Kapan-kapan pas meet up yaa bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke siap Una, nanti tak bantu Instal Winwos 10 iya, data jangan lupa backup iya Una. Hehheeeee

      Delete
  8. Wah, gitu ya bang? Kebetulan pake w10 dan berat kali,apalagi ram laptop cm 2Gb. Apakah sebaiknya lptp itu kalo udh jadul kali dijual aja? Apa gmn bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah RAM 2GB memang di zaman saat ini sudah tidak memadai lagi, menurut saya saat ini RAM minimal sebaiknya 8GB atau 4GB juga boleh kak.

      Sebaiknya tukar tambah aja kak jika memang ada rejeki karena Laptop dengan RAM 2GB sudah sangat lambat. Tapi semua kembali kepada kakak aja. Heheheee

      Apalagi di zaman saat ini, sekarang ini yang mana semakin tambah tahun maka semakin terbaru versi suatu software yang akan berdampak semakin tingginya spesifikasi Laptop/PC yang diminta. Hehheeee

      Delete

Post a Comment

Previous Post Next Post